JAKARTASATU.COM — ArtMoments didirikan pada 2019. ArtMoments adalah bursa seni mapan di Indonesia yang diprakarsai dan diselenggarakan oleh dua pemangku seni terkemuka, almarhum Leo Silitonga dan Sendy Widjaja.

ArtMoments telah memberikan dampak yang luar biasa terhadap industri seni di Indonesia. Pada 2020, di tengah pandemi yang mendera dunia, ArtMoments sukses menggelar bursa seni secara daring yang secara tak langsung menghadirkan dukungan krusial terhadap para galeri seni di masa-masa sulit tersebut.

Setelah perkembangan yang cukup progresif di Jakarta, ArtMoments melebarkan sayapnya ke Bali, destinasi utama turis di Indonesia. Gelaran ini bekerjasama ArtMoments dengan InterContinental Bali Resort.

“Setelah perjalanan yang sukses di Jakarta, Art Moments Jakarta melakukan ekspansi ke tujuan wisata nomor satu di Indonesia: Bali. Art Moments Bali akan debut pada tanggal 23 Juni dan berlangsung selama tiga hari hingga 25 Juni 2023,”

“Kami sangat senang akhimya bisa membawa ArtMoments ke Bali, Bali selama ini telah dikenal secara internasional sebagai destinasi seni dan budaya dan merupakan lokasi yang tepat untuk merayakan pencapaian sejarah baru dari ArtMoments. Kami harap acara ini dapat memperkenalkan Bali tak hanya sebagai destinasi liburan, namun juga sebagai destinasi seni,”

Menurut Sendy Widjaya Fair Director and Co-Founder of Art Moments dalam acara pressconfrence yang diselenggarakan di Restaurant Habitate, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa, 16 Mei 2023.

“Art Moments akan terus menjadi bagian dari komunitas seni, tetap berpegang teguh pada visi kami, yakni mendukung seniman-seniman Indonesia, pemilik galeri, pencinta seni, dan kolektor, dan mengangkat popularitas mereka di kancah seni internasional,” ujar Sendy Widjaja

“Setelah kami melakukan pameran Art Moments (Art Moments Jakarta) selama lima kali. Tahun ini kami akan mengadakan Art Moments Bali untuk pertama kalinya. Melebarkan sayap kami spreading our reach to every destination in Indonesia,” imbuhnya

Lebih lanjut Sendy mengatakan, Art Moments di Bali akan berlangsung di InterContinental Bali Resort yang legendaris di Jimbaran. Pameran seni terkemuka ini akan menempati lantai Mezzanine di Jimbaran Convention Center yang baru diluncurkan resor serta 14 kamar resor khusus yang akan diubah menjadi ruang pameran seni.

“Nah kebayang enggak ratusan seniman-seniman ini saya lihat nama-nama yang cukup establish 30%, establish artis 70% adalah artis,” tandasnya

ArtMoments menyajikan karya-karya seni lukis dan tak hanya karya lukis saja. Gelarannya dalam bentuk pameran yang tentunya karya seni lukis yang diluncurkan di Bali dimana karya seni lukis dan karya seni lainnya selain berada di dalam kamar-kamar hotel juga di ruang-ruang lainnya sehingga tamu-tamu atau pengunjung bisa menikmati pesan-pesan juga keindahan dari seni lukis.

“Sebelumnya saya lihat karya mereka sudah tampil di luar sehingga moment kali ini memberikan mereka kesempatan bagi seniman-seniman muda yang emerging yang sebenarnya karyanya sudah dikenal di luar negeri. Tapi di negeri sendiri belum dikenal,” jelas Sendy

Sendy juga menuturkan Art Moment selain bekerjasama dengan InterContinental Bali Resort juga dengan Bank BCA yang mereka harapkan ArtMoments Ball bisa menjadi platform bagi para kolektor untuk mengakuisisi beragam karya seni.

“Saya sangat berterima kasih atas dukungan yang terus diberikan BCA terhadap ArtMoments dengan menyediakan berbagai promo spesial yang dibuat secara khusus untuk kami. ArtMoments telah bekerja sama dengan Bank Central Asia (BCA) sejak 2021 untuk menghadirkan proses pembelian karya seni yang lancar selama acara berlangsung. Seperti di ajang ArtMoments Jakarta, para pencinta dan kolektor seni yang hadir di ArtMoments Bali di InterContinental Bali Resort dapat memanfaatkan tawaran Cicilan BCA 0% hingga 24 bulan untuk belanja karya seni menggunakan kartu kredit BCA,”beber Sendy

Di bawah arahan artistik Rizki Zaelani, ArtMoments Bali akan mengusung tema “Infinite Boundaries.” Tema ini akan menyoroti sifat seni rupa kontemporer yang terus berkembang, yang mencerminkan perubahan kehidupan dan dinamika masyarakat di era sekarang.

“Seniman yang berpartisipasi dalam bursa seni ini akan menerima tantangan untuk menciptakan karya seni yang menggambarkan tentang kompleksitas dan kejayaan kehidupan modern. Salah satu workshop interaktif dan unik yang akan dihadirkan di ArtMoments Bali adalah “Plasticology” besutan seniman | Made Bayak,” kata kurator Rizky.

Yoss/Jaksat