Presiden Jokowi Berkunjung ke China Hadiri KTT Belt and Road Invite

Jakartasatu.com— Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana dan Wakil Presiden KH Ma’rif Amin beserter isteri berolak ke China untuk hadiri KTT Belt And Road Invite. Menurut laman Kompas, Jakarta, Senin 16/10/2023

Diketahui, “Sesuai rencana, Presiden memang direncanakan akan hadir di BRI itu. Sampai saat ini tidak ada perubahan rencana, jadi asumsinya itu yang akan terjadi, beliau akan hadir langsung dalam BRI tersebut,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Lalu M Iqbal di kantornya, Jumat (13/10/2023).

Iqbal menyatkan apakah Pak Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinpun secara khusus, belum bisa dipastikan. Pemeintah Indonesia kerap bertemu dengan China dalam beberapa forum. Jadi ini bukan pertemuan pertama kalinya.

“Mengenai apakah akan ada pertemuan khusus dengan Presiden Xi Jinping, kita masih dalam pembahasan detail dari rencana kegiatan nanti di Beijing,” kata Iqbal.

Ada beberapa menteri ikut serta dalam kunjungan ini mendapngi Presiden Joko Widodo ke Beijing.  Pertemuan di China ini merupakan  salah satu bentuk sinergi Indonesia dengan pihak-pihak lain di luar negeri.

“Dan bahwa nanti akan delegasi bisnis selalu, jadi setiap tahun kita selalu membawa delegasi bisnis, kemudian menteri-menteri terkait akan ikut hadir bersama presiden dalam pertemuan tersebut. Sekali lagi saya tegaskan bahwa pertemuan ini dilihat sebagai wahana untuk melakukan sinergi dengan pihak-pihak di luar negeri,” jekasnya

“Mengenai ekspektasi kita sama-sama mengetahui bahwa pertemuan ini bukan pertemuan pertama kalinya, ini sudah beberapa kali terjadi, jadi hampir tiap tahun ada event ini sehingga kita sudah punya established practice, terkait dengan kehadiran kita dan terkait keikutsertaan dalam inisiatif ini,” urai Iqbal.  (Yoss)