Prabowo Sampaikan Sikap Indonesia Terhadap Palestina di Pertemuan Menhan Se ASEAN

JAKARTASATU.COM— Menteri pertahanan Rwpublik Indosia Prabowo Subianto hadiri The 10 Asan  Defense Misteter’s Meeting Plus 2023 di Jvv Senayan, Jakarta pada Rabu 15/11/2023.

Dalam pidatonya Prabowo menegaskan sikap Indonesia terkait serangan Israel terhadap warga sipil di Gaza, Palestina.

Prabowo yang juga merupakan capres di Pilpres 2024 sampaikan Indonesia konsisten mendesak kekerasan di Gaza segera dihentikan. Dia juga mengatakan Indonesia telah berupaya agar jalur aman untuk bantuan kemanusiaan bisa dibuka.

“Kami menilai sudah jadi kewajiban moral kami untuk bersikap seperti ini, dan kami mendorong seluruh negara untuk mengambil sikap yang sama untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina yang terusir dari rumahnya sejak lama. Krisis yang terjadi di belahan dunia yang lain itu juga mengingatkan kita betapa pentingnya bagi ASEAN untuk tetap bersatu dan waspada,” kata Prabowo.

Tambah Prabowo Indonesia terus membuka komunikasi dengan banyak pihak untuk mencari resolusi atas serangan ke Gaza. Dia menegaskan Indonesia terus mengedepankan pentingnya koridor kemanusiaan bagi para warga sipil di Gaza.

“Indonesia secara aktif berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk mencari resolusi atas isu ini dan mempromosikan koridor kemanusiaan bagi korban-korban di Gaza,” ujar Prabowo.

Prabowo juga optimistis forum yang diikuti para Menhan dari negara-negara ASEAN itu dapat menjadi pertemuan yang konstruktif.

“Saya meminta semua delegasi untuk terlibat dalam diskusi-diskusi yang konstruktif, menjajaki solusi-solusi yang inovatif, dan memetakan kembali langkah-langkah konkret untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan kita ini. Saya yakin komitmen dan pemahaman bersama kita dapat membuka jalan untuk komunitas ASEAN yang lebih aman, lebih sejahtera, dan lebih tangguh,” kata dia.

Untuk diketahui, Prabowo memimpin pertemuan ADMM Ke-17 pada 15 November 2023 dan ADMM Plus Ke-10 pada 16 November 2023 di Jakarta. Dalam rangkaian ADMM Ke-17, Prabowo bersama menteri-menteri pertahanan se-ASEAN memetakan kembali tantangan keamanan dan menjajaki peluang kerja sama di kawasan.

Dalam pertemuan itu, delegasi dari seluruh negara anggota ASEAN hadir, kecuali dari Myanmar. Timor Leste turut mengirim delegasinya dalam pertemuan itu sebagai observer (pengamat).

Menteri-menteri pertahanan anggota ASEAN yang hadir dalam ADMM Ke-17 di Jakarta, yaitu Menteri Pertahanan Kamboja/Wakil Perdana Menteri (PM) Kamboja Jenderal Tea Seiha, Menteri Pertahanan Laos/Wakil PM Laos Jenderal Chansamone Chanyalath, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Filipina Gilberto C Teodoro Jr, Menteri Pertahanan Malaysia Dato Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan, Menteri Pertahanan Thailand Sutin Klangsang, Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Phan Van Giang, dan Menteri Pertahanan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Mayor Jenderal (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Sementara itu, Timor Leste yang statusnya masih observer dalam ADMM Ke-17 diwakili oleh Menteri Pertahanan Prof. Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes. (Yoss)