Jokowi Bulat Tinggalkan PDIP? Apa sikap Megawati?

Catatan Ahad Pagi: 07 Januari 202

Oleh: Muslim Arbi
Direktur Gerakan Perubahan dan Koordinator Indonesia Bersatu

Rabu 10 Januari 2024. Adalah hari ulang tahun PDIP ke 51. PDIP akan gelar acara untuk ulang tahun itu.

Tapi, Jokowi yang diklaim sebagai kader PDIP dan Petugas Partai. Akan lakukan lawatan ke luar negeri. Filipina.

Sikap Jokowi tinggalkan Jakarta di saat PDIP akan adakan Ulang Tahun. Dapat di tafsirkan. Hubungan Jokowi dan PDIP semakin menjauh. Bisa jadi Jokowi tidak butuh kan PDIP lagi.

Pertemuan berdua antara Jokowi dan Prabowo Subianto yang adalah Capres no 2. Mengundang tanda tanya. Publik anggap Jokowi memang dukung capres no 2. Apalagi Gibran anaknya sebagai cawapres Prabowo.

Apa yang dibicarakan mereka berdua itu tidak penting. Tapi pertemuan itu timbulkan spekulasi. Meski setelah itu. Jokowi juga ketemu dengan Airlangga. Meski sebagai menkonya. Tapi Airlangga berada di posisi koalisi capres no 2 sebagai ketua umum Golkar.

Jadi sebelum ke Luar negeri. Jokowi ketemu Prabowo Capres yang sedang bertanding di pilpres 2024 dan ketemu ketua umum Golkar Partai pengusung nomor 2.

Akan hal sikap Jokowi tinggalkan Jakarta di saat PDIP akan adakan Ulang Tahun ke 51. Di saat sedang berlangsung kampanye pilpres. Bisa jadi ini sikap demonstratif. Megawati dan PDIP sudah tidak dianggap lagi.

Publik anggap Megawati dan PDIP telah dibuang oleh Jokowi. Bisa jadi. Jokowi merasa telah menjadi orang kuat dan sedang kendalikan kekuasaan saat ini.

Siapa pun tidak dapat mencegah keinginan dan kemauan Jokowi dalam langkah dan tindakan politik nya termasuk Megawati dan PDIP yang telah membesarkan nya.

Bisa jadi dahulu. Jokowi mencium tangan Megawati sebagaimana gambar viral bertebaran. Tapi. Bisa jadi saat ini di benak Jokowi. Akan membalas dendam dengan sikap cium tangan Megawati. Dan Bagaimana cara nya. Agar Megawati mencium tangan Jokowi?

Gambar viral bertebar. Dahulu Jokowi membungkuk – bungkung. Setengah menyembah Prabowo. Tapi sekarang viral foto. Prabowo membungkuk dan setengah menyembah Jokowi.

Nampaknya sikap Jokowi tinggalkan Jakarta di saat PDIP akan adakan Ulang Tahun ke 51 itu. Sebagai sikap. Emang “Megawati dan PDIP” itu siapa?

Saya. Hari ini. Presiden, kepala negara dan kepala pemerintahan dan punya kekuatan yang dapat kendalikan apa saja. Termasuk memaksa PDIP dan Megawati harus tunduk pada saya.

Kalau memang demikian sikap Jokowi. Publik menunggu apa sikap Megawati dan PDIP.

Apakah Megawati akan memberhentikan Jokowi sebagai Kader PDIP dan mencabut gelar sebagai Petugas Partai dan menggalang kekuatan di DPR untuk impeachment Jokowi sebagai Presiden?

Publik masih berharap Megawati dapat tegak berdiri sebagai ketua umum DPP PDIP yang berwisata.

Meski saat ini. Wibawa Megawati tergerus oleh sikap Jokowi sebagai petugas Partainya.

Sawangan – Depok