Image By vecstock
Image By vecstock

SIKAP kita atas yang terjadi saat ini jelas. Bahwa saat ini massa masih ngambang, kemana yang benar. Satu sisi sudah ada yang menyatakan menang dan sudah pesta dan satu sisi ada yang mengataka tunggu keputusan dan pada 25 Maret hasilnya KPU dari Pilpres 2024 itu.

Ini terjadi dan inilah yang kenyataannya. Dalam Republik Indonesia memang agak bagaimana gitu ya. Tapi kami melihat dunia tetap berputar. Kami ingat bahwa Republik Plato berpusat pada pertanyaan sederhana: apakah selalu lebih baik bersikap adil daripada tidak adil? Ini bukan soal mana yang adil dan tak adil, tapi yang  diterjadi saat ini beberapa kontroversial dari kotak suara yang ramai.

Ini soal pada akhirnya nanti memberikan “bukti” yang ada bahwa selalu akan lebih baik bersikap adil dari pada tidak adil, sebab ini sebuah tanda dimana nilai luhur adalah tatanan bernegar yang baik.

Dalam mempertahankan bangsa  atas sikap politik. Bukan berarti etika dan politik melemahkan untuk kepentingan rakyat. Sebuah kata yang adil dan masyarakat yang adil pada prinsipnya harus  diwujudkan  bagaimana pengetahuan dapat memerintah yang jalan dan benar kelak, dan inilah bangsa Indonesia saat ini.

Dalam politik dan etika media harus jelas dan baiknya independen. Jika media ikut arus kekuasaan pun salah intinya media harus jadi penjaga demokrasi.