Anies Tegaskan Masalah Terbesar pada Pemilu 2024 Terjadi Sebelum di TPS

JAKARTASATU.COM– Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan masalah terbesar di Pemilu terjadi bukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) melainkan sebelumnya.

“Kami ingin sampaikan pada semua, dari temuan sementara, kami menemukan masalah terbesar bukan di TPS tapi kegiatan pra-TPS,” kata Anies pada wartawan di Posko Tim Hukum AMIN, Jakarta, Selasa (20/2).

Menurut Anies, masalah tersebut lantas akhirnya berpengaruh pada aktivitas di TPS sehingga tak mencerminkan aspirasi rakyat yang semula ada.

“Ini temuan yang paling mendasar dan mengkhawatirkan. Jadi kualitas dari hasil Pemilu yang sesungguhnya harus mencerminkan aspirasi rakyatbdi dalam temuan justru sebagian bukan aspirasi rakyat,” tuturnya.

“Sehingga sebagian adalah aspirasi yang dipaksakan kepada rakyat yang sebagai sebuah praktek ketidakjujuran ini mengganggu demokrasi kita,” lanjut Anies.

Lebih lanjut, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia apapun pilihannya tetap harus mengutamakan Pilpres yang jujur dan adil.

“Saya ingin mengajak kepada seluruh rakyat Indonesia apapun pilihannya Pilpres saudara-saudara sekalian tapi harus memilih Pilpres yang jujur,” tegas Anies.

“Keberhasilan atas kejujuran akan menghasilkan kekuatan moral yang kuat, tapi jika keberhasilan yang ditopang dengan pelanggaran maka dia menghasilkan cacat moral yang berdampak besar,” tutup Anies. (Yoss)