Klarifikasi Bllboard
Klarifikasi Bllboard "OTW Jakarta" | ig@ridwankamil
OTW Jakarta, Sambil Menyelam Tes Ombak
Oleh: WA Wicaksono
Storyteller, Analis Iklan dan Pencitraan
Billboard Ridwan Kamil (RK) dengan kata kunci “OTW Jakarta” viral dan menjadi perbincangan masyarakat. Kebanyakan menafsirkan bahwa billboard tersebut adalah kode keras bahwa RK akan maju menjadi salah satu kandidat kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada/Pilgub) serentak yang digelar tahun 2024 ini.
Tentu saja tafsir masyarakat tersebut tidak bisa disalahkan. Pasalnya indikasi kuat bahwa RK memang akan dimajukan ke Pilkada DKI telah banyak diungkapkan oleh beberapa pihak. Sebut saja pernyataan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang memang pernah menyebut mantan Gubernur Jawa Barat tersebut bakal dimajukan di Pilgub DKI Jakarta. Bahkan Airlangga juga sempat menyebut nama Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmad Zaki akan dimajukan juga.
“(RK) Namanya on the way, dalam perjalanan. Dua-duanya diberi surat oleh Golkar sebelum Pemilu untuk ikut pilkada. Tentu keputusan tergantung survei terakhir,” ungkap Airlangga di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2/2024) lalu.
Tak hanya Airlangga, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono (24/2) juga pernah mengatakan bahwa partainya memang menugaskan RK untuk pemilihan gubernur. Ridwan Kamil disiapkan untuk pemilihan di DKI Jakarta dan Jawa Barat.
Billboard RK OTW Jakarta
Billboard RK OTW Jakarta
Jadi begitu muncul billboard “OTW Jakarta” maka tafsir akan maju di Pilgub Jakartalah yang kebanyakan muncul di benak masyarakat. Lalu benarkah tafsir tersebut?
Sepertinya memang begitulah tujuan dipasangnya billboard ini. Laiknya teaser dalam strategi periklanan, billboard ini memang dimaksudkan untuk memancing perhatian khalayak, merangsang tafsir yang beragam, dan membangun rasa penasaran, sehingga berkembang menjadi pembicaraan yang viral sampai akhirnya nanti baru akan diberikan jawaban mengenai pesan sebenarnya yang ingin disampaikan.
Ketika dikejar untuk menjelaskan, RK sendiri segera mengakui bahwa memang dirinyalah yang memasang baliho tersebut. Tak lupa RK juga berterima kasih atas perhatian dan dukungan masyarakat usai foto dan video baliho itu tersebar viral di media sosial. Namun, untuk menjaga fungsi teasing yang dimaksudkan, RK tegas meminta khalayak untuk bersabar menunggu penjelasan pesan yang sebenarnya ingin disampaikan melalui baliho tersebut.
Terkait tafsir Pilkada yang dilontarkan publik, RK meminta kepada semua pihak untuk bersabar menunggu keputusannya ikut atau tidak dalam Pilgub DKI Jakarta. RK memang mengaku telah mendapat mandat dari Partai Golkar untuk maju akan tetapi, dirinya masih menimbang sejumlah aspek sebelum menentukan langkah politik selanjutnya. Apalagi RK juga memiliki peluang untuk ditunjuk masuk kabinet jika benar pasangan 02 yang didukungnya berhasil memenangkan Pilpres kemarin.
“Pokoknya jawabannya tanggal 29 Februari 2024. Berikutnya tinggal ikhtiar dan garis tangan,” kelitnya di Bandung, Sabtu (24/2/2024) lalu.
Dan akhirnya, duarrr!!! Sesuai yang dijanjikan RK pun tiba waktunya untuk memberikan klarifikasinya. Ia akhirnya mengungkapkan bahwa bilborad yang kemarin ramai dibicarakan tersebut, bukanlah bilboard komunikasi politik bahwa dirinya tengah bersiap maju Pilgub DKI Jakarta. Melainkan billboard marketing iklan dimana ia menjadi brand ambassador untuk sebuah inovasi skincare khusus para lelaki yang bernama @r1formen .
“Kenapa “OTW Jakarta nih” karena launchingnya di Jakarta, di Senayan City tanggal 18 Maret. Jika launchingnya di Surabaya tentunya ada bilboard “OTW Surabaya nih,” papar RK melalui akun sosmed miliknya.
“Hemat saya, pilpres saja belum usai perhitungan KPU nya. Masa sudah harus membahas tentang pilkada yang masih lama, November 2024. Saya pun belum memutuskan mau kemana. Sementara hati masih tentang lanjut di Jabar. Atau mungkin tempat lain/Jakarta jika ada pertimbangan lain. Juga sedang mempertimbangkan opsi lain yaitu istirahat mengurus keluarga dan usaha dan tidak melanjutkan karir politik, juga sedang menjadi pertimbangan,” uajrnya mengklarifikasi secara mengambang.
Apakah khalayak percaya dengan klarifikasi tersebut? Benarkah baliho tersebut murni sebagai iklan produk skincare semata? Jangan-jangan, lagi-lagi skincare ini hanyalah gimmick semata. Produk tersebut hanyalah kendaraan untuk melakukan tes insight atas peluang dan kekuatan RK untuk berlaga di Pilgub DKI nanti. Hanyalah sebuah kendaraan untuk melakukan tes ombak atas potensi yang dimiliki RK jika akan berlaga di Pilgub DKI Jakarta. Dan sepertinya tujuan tersebut sukses dicapai Billboard tersebut.
Namun lagi-lagi ini hanyalah tafsir juga. Bisa jadi memang tim kreatif iklan skincare tersebutlah yang pintar memberdayakan situasi politik yang tengah terjadi. Bisa jadi memang jenama skincare ini yang memanfaatkan RK atau malah RK yang memanfaatkan iklan teasing jenama skincare tersebut. Tapi apapun yang sebenarnya terjadi, simbiosis antara skincare dan RK ini bisa disebut sebagai simbiosis mutualisme. Keduanya sama-sama untung meskipun besarnya keuntungan yang didapat masing-masing mungkin tidaklah sama.
Yang jelas, billboard RK “OTW Jakarta” yang awalnya memancing tafsir dan spekulasi politik, sementara terbukti menjadi bagian dari strategi pemasaran produk skincare yang cukup cerdas. Sebuah contoh bagaimana dunia politik dan dunia bisnis sering kali saling terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain di era modern ini. Tabik.
RK dengan beragam produk skincare yang ditawarkannya | ig@ridwankamil
RK dengan beragam produk skincare yang ditawarkannya | ig@ridwankamil