Isu Hak Angket Koq Serasa Hangat-hangat Tahi Ayam?

Oleh: Tardjono Abu Muas

(Pemerhati Masalah Sosial)

Apa kabar, wahai para wakil rakyat yang berada di Gedung terhormat tentang isu Hak Angket yang konon pula menjadi salah satu tugas dan fungsi parlemen untuk mengontrol dan mengawasi kinerja eksekutif?

Masalah Hak Angket tentang dugaan kecurangan pemilu yang dinilai terstrukur, sistematis dan masif (TSM) tentu sangatlah diharapkan dan ditunggu oleh sebagian besar masyarakat tentang benar tidaknya ada kecurangan dalam proses pemilu 2024.

Isu Hak Angket yang telah sebulan bergulir, rasa-rasanya seperti jalan di tempat bahkan kalau boleh dibilang isu ini serasa, “hangat-hangat tahi ayam”, semangat pada awalnya lama kelamaan mengalami degradasi semangat untuk mewujudkan Hak Angket.

Semoga isu Hak Angket tidak serasa “hangat-hangat tahi ayam” setelah melihat perwakilan tiga fraksi di DPR RI (PKS, PKB dan PDIP) bersedia menemui pengunjuk rasa di luar pagar gedung DPR RI, Selasa (19/3/2024). Rakyat sangat menanti hasil akhir dari proses Hak Angket tersebut, benarkah adanya kecurangan dalam proses pemilu 2024?

Sisa masa tugas anggota dewan 2019-2024 yang tidak kurang dari 7 bulan lagi, semoga melalui hak angket tentang dugaan kecurangan dalam proses pemilu 2024 kali ini menjadi penutup tugas yang indah sebagai anggota dewan di mata rakyat yang diwakilinya.