Relawan SADAR (Sahabat Mas Dar)  Deklarasi Dukung Untuk Cagub Jateng 

JAKARTASATU.COM– Relawan SADAR (Sahabat Mas Dar) Zona Selatan Jawa Tengah (Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara) mendeklarasikan dukungan pada
Sudaryono, B.Eng, M.M, M.B.A sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada Jawa Tengah 2024. Acara digelar di Gilingan Pari Kafe, Gombong, 22 Maret 2024.

“Kami adalah pemuda dan santri, ulama, kelompok tani milenial, pelajar dan mahasiswa berdiri dalam rangka memberikan kontribusi atas proses demokrasi di Jawa Tengah,” ucap Koordinator Ivan Royfani SADAR.

“Dalam Pilkada 2024 Jawa Tengah dibutuhkan kepemimpinan muda yang memiliki visi dan kemampuan menyelesaikan banyak masalah di Jawa Tengah,” imbuhnya.

Ia mengemukakan pentingnya Pilkada Jawa Tengah 2024 tidak sekedar memenuhi asas kebutuhan kehidupan politik yang demokratis, melainkan juga harus ada korelasi yang kuat antara tantangan dan ancaman yang akan dihadapi bangsa dengan kepemimpinan nasional yang dihasilkan dalam Pemilu 2024.

Lanjutnya, dengan kata lain, Pilkada Jateng 2024 harus menghasilkan seorang pemimpin bangsa yang mampu menjadi solusi (problem solver) bagi masalah yang dihadapi negeri ini di masa kini maupun mendatang.

Menurut Ivan Royfani selaku Koordinator SADAR Jawa Tengah, “Hasil Pemilu 2024 sudah ditetapkan oleh KPU dengan kemenangan Prabowo Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

“Dengan hal tersebut maka dibutuhkan kebersinambungan kepemimpinan di tingkat provinsisampai kabupaten/kota agar memiliki persamaan visi, misi dan program kerja nasional.” Dalam perspektif kepemimpinan, “Ngayomi” dan “Mrantasi” sangat dibutuhkan Jawa Tengah saat ini,” papar Relawan Prabowo – Gibran ini.

Koordinator SADAR ini menuturkan dengan adanya kekhawatiran terjadinya krisis pangan dan energi. Ketergantungan Indonesia atas bahan baku pokok seperti pupuk, beras, kedelai, dan lainnya yang harganya tidak terkendali berpotensi menghadapi ancaman keamanan pangan (security food).

Lebih jauh ia menuturkan dampak ekonomi di dalam negeri akan sangat signifikan. Perebutan komoditas pangan dan sumberdaya alam akan menimbulkan konflik yang membutuhkan
perlunya seorang pemimpin yang mampu mengayomi, dan mrantasi (menyelesaikan masalah secara tuntas) bagi berbagai ancaman yang dihadapi bangsa. Jawa Tengah sebagai salah satu pusat lumbung pangan nasional perlu menjadi perhatian bersama.

Para Relawan SADAR ini menyampaikan pandangannya.

Sementara menurut Anggoro selaku koordinator SADAR Cilacap, kepemimpinan Mas Sudaryono mampu memenangkan Prabowo Gibran di Jawa Tengah.

Selaku Ketua Panitia Kebumen, Syaifuddin, berharap kepemimpinan Mas Sudaryono diharapkan mampu mengentaskan warga miskin dan pra sejahtera. Selain itu, banyak kyai kampung, guru ngaji TPA yang belum sejahtera dengan pendapatan sangat rendah. Diharapkan kepemimpinan Mas Sudaryono memiliki keperpihakan kepada guru ngaji di masjid-masjid.

Darno sebagai wakil dari SADAR Banyumas berharap ada segera ada konsolidasi untuk pemenangan Mas Sudar di Jawa Tengah Selatan.

“Relawan menyadari jika partisipasi demokrasi selayaknya muncul dari bawah sebagai tanggung jawab publik untuk melibatkan diri secara aktif melakukan perbaikan demi membangun jateng yang sejahtera dan berkemakmuran,” terang Darno.

“Kami berharap untuk bisa berdialog langsung secara intensif kepada Mas Dar sebagai kandidat yang kita dukung. Agar dukungan ini menjadi kesaman ide, gagasan visi dan misi sama untuk Jateng yang berkesejahteraan.” tutup Sahabat Mas Dar. (Yoss)