Acara peluncuran Laporan dan Diskusi
Acara peluncuran Laporan dan Diskusi

Laporan Terbaru Maverick Indonesia Menggali Ragam Perspektif Mengenai Prioritas Komunikasi dan Manfaatnya dalam Organisasi

JAKARTASATU.COM — Salah satu survei pertama di Indonesia yang membahas tentang kondisi komunikasi korporat bertajuk “The State of Corporate Communication in Indonesia”, mengungkapkan bahwa para CEO perusahaan memiliki pandangan berbeda dari pimpinan komunikasi korporat (head of corporate communications) mengenai apakah komunikasi internal atau eksternal yang seharusnya menjadi prioritas.
Survei yang dilakukan oleh konsultan kehumasan atau Public Relations Maverick Indonesia dan market research RB Consulting pada Oktober 2023 hingga Februari 2024 ini melibatkan pimpinan komunikasi dari 52 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan 30 perusahaan swasta, serta dilanjutkan dengan wawancara mendalam dengan lima CEO.
Mayoritas pimpinan komunikasi korporat (63%) mengatakan bahwa fungsi utama dan sebagian besar waktu yang mereka habiskan adalah untuk melakukan aktivitas komunikasi eksternal. Sedangkan, mayoritas CEO yang diwawancarai mengatakan bahwa komunikasi internal lebih penting karena perlunya memupuk internalisasi visi, nilai, dan misi perusahaan kepada karyawan guna mencapai tujuan bisnis mereka.
Survei ini juga menemukan bahwa sebagian besar pimpinan komunikasi korporat selama ini mengukur nilai keberhasilan komunikasi organisasi mereka melalui liputan media dan ukuran output. Di sisi lain, para CEO sesungguhnya lebih peduli mengenai dampak positif apa yang dihasilkan dari kegiatan komunikasi dalam mencapai tujuan bisnis mereka.
Satu hal yang disepakati oleh para CEO dan pemimpin komunikasi korporat adalah mengenai pentingnya komunikasi perusahaan pada saat krisis. Meski begitu, para CEO menegaskan bahwa “kepentingan situasional atau dalam kondisi mendesak” ini mungkin tidak mencerminkan pentingnya fungsi ini pada kondisi normal.
Tim Peneliti
Tim Peneliti
“Gambaran yang muncul dari survei ini adalah pandangan yang menarik tentang perbedaan perspektif antara jajaran direksi dan para pemimpin profesional mengenai upaya komunikasi korporat di organisasi mereka,” ujar Partner dan Co-founder Maverick Indonesia, Ong Hock Chuan.
“Sebagai salah satu laporan pertama di Indonesia, kami berharap survei ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi komunikasi korporat di Indonesia dan yang lebih penting lagi, dapat membantu memicu diskusi mengenai ke mana arah fungsi komunikasi korporat di Indonesia,” pungkasnya. |WAW-JAKSAT