Refly Harun Kritik Partai- Partai Pengusung Anies Gelar Karpet Merah

JAKARTASATU.COM— Pakar Hukum Tata negara, Refly Harun mengungkapkan terpaksa harus mengatakan  kasihan terhadap Anies Baswedan, kelihatannya ditinggalkan  partai pendukungnya atau sebaliknya menikmati komunikasi dengan Prabowo Subianto.

“PKS bakal undang Prabowo dengan menggelar karpet merah besok di acara halal bi halal (27/4/2024),” kata Refly Harun di akun Youtubenya sambil menyetir mobilnya (26/4/2024).

“Luar biasa, saya kira tidak ada lagi nilainya. kalau sekedar gerakan pokitim untuk menyingkirkan Jokowi tapi kemudian mengakui kecurangan,” ujarnya.

“Saya kira tidak bermoral ya,” imbuh Refly.

Kemudian kata Refly, Surya Paloh mengaku merenung lama sebelum putuskan dukungan mendukung Prabowo Gibran

“Nah ini saya bikin mau bilang bikin saya ngakak ini pernyataan seperti ini kenapa bikin saya ngakak? Artinya Surya Paloh ga mikirin sama sekali. Arahnya emang ke sana,” kata Refly sambil tertawa.

“Bagaimana perjuangan di MK, putusan MK baru dibacakan pada 22 April 2024. Eh dia bilang sudah lama merenung,” cetusnya.

Kalau lama kan tidak mungkin merenungnya 4 hari. Artinya dia tidak mendukung permohonan ( 01 ke MK /red).

Refly tegaskan lagi dia tidak mendukung permohonan itu sebab begitu diumumkan putusan MK, yang terjadi mengucapkan selamat kepada Prabowo – Gibran.

Refly mengutip (CNNIndonesia, 25/4/2024):

“Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku merenung atau berkontemplasi cukup lama sebelum memutuskan bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ia pun menegaskan keputusan mendukung Prabowo-Gibran merupakan sikap kolektif partai.

“Sejujurnya saya berkontemplasi untuk itu, sebuah proses perenungan saya lakukan yang cukup lama,” kata Paloh usai bertamu ke kediaman Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta, Selasa (25/4).

Refly tegaskan dia tidak lagi  mendukung permohonan itu sebab begitu diumumkan putusan MK, yang terjadi mengucapkan selamat kepada Prabowo – Gibran.

“Surya Paloh kurang canggih neh. Muahaimin  lebih canggih, begitu usai putusan MK dibacakan gugatan pemohon ditolak tanggal 22 April, tgl 23 KPU menyatakan pememang presiden dan wakil presiden pilpres 2024. Tgl 25 April KPU menetapkan  paslon pemenang. Cak Imin langsung datang ke KPU. Dan langsung gelar karpet merah terima kunjungan Prabowo ke PKB,” tutur Reply Harun.

“Inilah saya katakan mentality politisi kita ya. Apalagi Pak SP ini politisi yang juga pengusaha,” jelasnya.

Refly tekankan Ini kritik, bukan sentimen pribadi . Hal sama kritik juga terhadap PKS yang mau menggelar karpet merah itu kan sama saja mengakui kecurangan di dalam pemilu padahal kita tahu kecurangan itu ada. Bukan tidak ada ya, bukan kalah ya. Tapi dikalahkan MK.

Refly menilai platform perubahan itu hanya Anies Baswedan sajasaja pribadi, tidak diinternalisasi Cak Imin. Selebihnya slogan-slogan saja. (Yoss)