Operasi RedHerring atau SmokeSreen ?

JAKARTASATU.COM @AndiPitopang7 dalam akun X-nya mengunggah video dengan tulisan Taktik kotor!
Sejarah akan mencatat,bahwa ada Presiden menjalankan roda pemerintahan dgn cara kotor dan tipu-tipu sambil berbohong!, 21/6/2024.

Dalam tayangan video tersebut mengulas redherring atau smokescreen merupakan taktik manipulasi informasi yang digunakan oleh penguasa untuk mengalihkan perhatian publik dari isu-isu penting dan sensitive. Misalnya ketika pemerintahan menghadapi skandal isue korupsi, pihak penguasa mengarahkan media untuk fokus pada isu-isu lain yang sensasional dan kontroversial yang dapat menarik perhatian publik supaya perhatiannya kabur terhadap skandal korupsi besar yang tengah terjadi.

Penggunaan taktik ini berdampak buruk pada demokrasi, merusak kepercayaan publik terhadap pemerintah dan media.

Ketika masyarakat menyadari bahwa perhatian mereka sengaja dialihkan. Redherring atau smoke sreen merupakan tindakan tidak etis, merusak integritas politik ,  independensi media, akuntabilitas pemerintahan dan menghambat proses demokrasi yang sehat.

Sebelumnya akun X @dhemit_is_back mengunggah hal yang sama terkait Redharring atau smokescreen, 18/6/2024.

Redherring atau smokescreen metode pengalihan isu besar Contoh:
– Kasus Vina Cirebon
– Elaelo
Tanpa kita sadari kasus Timah 300 T serta status tersangka Eks Ketua KPK Firli Bahuri entah bagaimana kabarnya,karena rakyat disuguhi drama berseri sampai terbuai.

Munculnya aplikasi Elaelo dinilai punya maksud lain. Aplikasi Elaelo yang kini sedang jadi perbincangan publik, disebut bakal menggeser kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Sebelumnya, geger kasus Vina Cirebon disebut sebagai upaya untuk membungkam publik soal kasus korupsi timah Rp300 Triliun. (Yoss)