Effendi SImbolon/Net

JAKARTASATU.COM – Mantan kandidat Gubernur Sumatera Utara yang juga politisin PDIP Effendi Simbolon  menjelaskan alasan dasar kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mengajukan surat mosi tidak percaya, didasarkan atas sikap DPR yang sejauh ini sudah tidak lagi bisa mengedepankan sebuah keputusan dan kemufakatan, kata Effendi sikap itu seperti sudah diabaikan oleh DPR saat ini.

‪”Kita lima fraksi sudah keluarkan mosi tidak percaya, jadi mohon maaf teman-teman yang disana, karena sikap disana sudah seperti kartel. Mereka sudah melabrak kepatutan yang ada dan mereka seperti orang yang haus kekuasaan,” ujar Effendi saat menjadi pembicara dalam diakusi politik mingguan bertema ” Politik Ribut DPR”,  dibilangan Cikini, baru-baru ini.

‪Effendi mengatakan, surat sikap mosi tidak percaya ini, sudah disepakati sebanyak 178 orang anggota fraksi dari total 247 anggota yang menyatakan dan menetapkan mosi tidak percaya terhadap pimpinan dewan.

‪Dengan dikeluarkannya surat tersebut, sikap KIH kata Effendi akan segera membentuk ketua DPR dan juga alat kelengkapan dewan selanjutnya. Dan sesuai hasil rapat paripurna versi kubu KIH yang sudah dihelat pada hari Jumat (30/10) itu, dari lima fraksi KIH sendiri sudah memberikan nama-nama, dan tinggal menunggu penyerahan nama dari kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

‪”Senin kita akan tetapkan pimpinan baru. Dalam rapat juga sudah ditetapkan nama-nama anggota fraksi dari lima fraksi tersebut. Dan kita masih menunggu nama dari lima fraksi lainnya,” demikian Effendi. (JKS/Tatang Sumirat)