Debat putaran pertama Pilkada DKI Jakarta siap digelar pukul 20.00 WIB malam ini di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Sedianya, debat tersebut bakal dipandu seorang moderator cantik. Dia adalah Ira Koesno.

Presenter senior ini dipercaya menjadi moderator debat putaran pertama calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memilih Ira Koesno karena dinilai berpengalaman.

Wanita bernama lengkap Dwi Noviratri itu meniti karir pertamanya sebagai presenter di sebuah stasiun televisi. Gaya bicara yang khas, lugas, dan kritis berhasil membawanya di panggung megah ini.

Ira Koesno lahir pada 30 November 1969. Saat ini sudah berumur 47 tahun. Diketahui, Ira merupakan penggemar berat klub sepak bola asal Inggris, Chelsea FC.

Jejak rekam Ira sendiri tak bisa dipandang remeh. Dia pernah menjadi pemandu acara debat Presiden tahun 2004 sebelum akhirnya memutuskan mundur dari dunia pertelevisian di tahun yang sama.

Penyebabnya, dia ingin mengembangkan usaha di bidang jasa strategi komunikasi terpadu, bernama Ira Koesno Communications (IKComm).

IKComm bergerak di bidang jasa media dan PR (Public Relation) konsultan, pelatihan media dan PR, kampanye publik, menajemen isu, dan hubungan dengan pemerintah.

Namun saat ini, namanya sebagai seorang presenter rupanya belum tamat. Pada akhirnya dia pun ditunjuk memandu acara debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran pertama. (JKT dari JPG)