ilustrasi daftar nama artis papan atas yang menjadi Caleg 2024

JAKARTASATU.COM — Sederet artis papan atas di Indonesia beramai-ramai daftar Calon Legislatif (Caleg) di Pemilihan Umum 2024.

Para artis ini memanfaatkan popularitasnya agar menarik perhatian dan dukungan dari masyarakat, agar bisa sukses duduk di kursi dewan menjelang Caleg 2024.

Berikut daftar lengkapnya:

Unggahan dari akun instagram @vennamelindareal

1. Venna Melinda

Perempuan kelahiran 1972 kelahiran Surabaya ini terjun langsung ke dunia politik sedari tahun 2009. Kemudian, pernah mendedikasikan diri di Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) dan sempat menjadi Anggota Komisi X DPR RI tahun 2009-2014 dan 2014-2019 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI. Kini 2024 dirinya siap mendaftarkan diri sebagai Bacaleg Dapil DKI Jakarta melalui Partai Persatuan Indonesia (PERINDO).

Unggahan dari akun instagram @pashaungu_vm

2. Pasha Ungu dan Istrinya

Siapa yang tak kenal dengan pasangan sejoli ini. Keduanya kerap serasi dan kompak bersama-sama di satu Partai Amanat Nasional (PAN). Diketahui Pasha yang memiliki nama lengkap Sigit Purnomo ini mengincar kursi DPR Dapil III DKI Jakarta. Sementara, sang istri Dellia Wihelmina siap menjadi Bacaleg DPRD Jakarta Barat tahun 2024-2029.

Rilis Poster Sultan Tiba-Tiba Kuning

3. Sultan Djorghi

Aktor senior ini memilih terjun ke dunia politik bersama dengan bergabungnya di Partai Golongan Karya (Golkar). Lama tak nampak di sinetron, ternyata ia menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya DPD Partai Golkar Sumatera Utara. Berlanjut dan siap bertarung di tahun 2024 Sultan Djorghi siap menjadi Bacaleg DPR RI Dapil Sumatera Utara.

unggahan dari akun instagram @ahmaddhaniofficial #PeresmianSekberGerindraPkb

4. Ahmad Dhani

Vokalis Band legendaris yaitu Dewa 19 meskipun pernah gagal di tahun 2019 sebagai calon anggota legislatif untuk Dapil Jatim I. Kegagalan tersebut dikarenakan kasus yang mengharuskan dirinya untuk tinggal di dalam penjara. Meski demikian, ia sangat optimis kembali mencalonkan diri di Dapil yang sama pada 2024 atas nama Partai Gerindra.

unggahan dari akun instagram @kalinaocktaranny

5. Ocktaranny

Berdasarkan rilis dari media sosial Facebook Partai Perindo pada 19 September 2022, artis sekaligus model cantik dengan nama lengkap Kalina Ocktaranny mantap berjuang bersama Partai Perindo di Pemilu 2024. Bakal nyaleg di Dapil Samarinda, Kalimantan Timur. Perjuangan Partai Perindo membangun kesejahteraan rakyat kecil menjadi alasan kuat dirinya turut bergabung.

unggahan dari akun instagram @perindokaltim

6. Chef Arnold

Kepiawaian salah satu chef ternama dalam program televisi Master Chef Indonesia Arnold Poernomo yang kerap di sapa dengan Chef Arnold resmi bergabung di DPP Partai Perindo dan akan menjadi vote-getter di Pileg 2024

“Selamat bergabung Chef Arnold, keputusan yang tepat bergabung dengan Partai Perindo. Mari kita majukan pangan dan kuliner nasional,” Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Senin (13/03/2023).

unggahan dari akun instagram @komeng.original

7. Komeng

Nama Komeng sangat melekat pada komedian yang bernama asli Alfiansyah telah resmi mendaftar menjadi Bacaleg DPD Jawa Barat dalam Pemilu 2024. Ia mendaftarkan diri ke kantor KPU Jawa Barat, Sabtu (12/05/2023). Beredar alasan Komeng daftar karena ia ingin bersatire dari kursi anggota DPD RI. Lamanya ia sebagai komedian, merasa sudah lelah bersatire di dunia komedi, namun tidak juga didengar.

unggahan dari akun instagram @uyakuya

8. Uya Kuya

Uya Kuya hadir dalam kesempatan di jumpa pers pembukaan acara Roadshow bertajuk ‘Birukan Langit Indonesia’ di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (13/03/2023). Artis pesulap ini mengungkapkan alasannya ketika bergabung PAN.

“Permasalahan kita terjun ke politik itu dulu di otak gue, gue gak mungkin terjun politik. Walaupun gue kuliahnya sarjana ilmu politik dari UI. Karena Astrid dari dulu bilang ‘gue gak mau lu di politik’ tapi tahun ini, eh tahun kemarin sih. Dia bilang lu terjun aja deh. Nah kenape tumben, gitu kan,” jelas Uya.

Kemudian, Uya menyebutkan kekecewaannya terhadap penanganan Kasus Ferdy Sambo sebagai salah satu faktor pendorong niatnya untuk nyaleg. Akhirnya ia memutuskan maju untuk Dapil Jakarta Selatan.

unggahan dari akun instagram @nafaurbach

9. Narfa Urbach

Parasnya yang menawan seperti Kartini masa kini, pemain sinetron Nafa Urbach telah bergabung dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dari dapil Jawa Tengah VI. Perjalanan politik Nafa Urbach dengan Partai Nasdem dan gagal maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI pada Pemilu Legislatif 2019. Kesempatan emas untuk terus maju di 2024 sebagai Caleg DPR RI dapil Jawa Tengah VI.

unggahan dari akun instagram @sitohangchoky

10. Chocky Sitohang

Presenter yang cakap ini memilih dan resmi bergabung di Partai Nasdem. Kemudian, 2024 maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Jabar VI. Belajar dari kegagalan 2019 dikarenakan ia memilih Partai Perindo yang tak lolos dalam parlementary treshold.

 

Varrel resmi bergabung dengan PAN unggahan dari akun instagram @bramanstavrl

11. Varrel Bramansta

Aktor milenial ini bertekad menjadi kader dari PAN.

“Bismillah ???????? siap memperjuangkan aspirasi millennial dan memperjuangkan rumah tangga kita nanti..”, tulis Varrel dalam akunnya, Kamis (09/02/2023)

Alasan jika terpilih sebagai wakil rakyat, Verrell ingin memperjuangkan aspirasi anak muda terkait KDRT dan berharap upayanya tersebut bisa berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

(INJ/CR JAKSAT).